Jumat, 30 September 2011

Menjaga Keamanan File PDF !!

mendalami keamanan file pdfInfo Komputer & Teknologi informasi kali ini akan memberi sedikit tips untuk menjaga keamanan file pdf. Produk digital semakin rame bermunculan di internet,rata-rata menggunakan file pdf sebagai acuan dalam pembuatan produk digital. Dengan demikian keamanan file pdf tersebut sangat penting karena dapat menjamin produk digital tersebut tidak tersebar dimana-mana. Nah, pasti pada bingung napain sih kasih info yang sudah berjamur gitu, kan file pdf bisa dipasangi password. Meski begitu, tetap saja masih bisa diedit, disalin atau dicetak jika berada dalam kondisi terbuka lor. Nah, makanya kali ini saya akan mencoba memberi sedikit tips dan trik untuk para pembuat produk digital agar file penting mereka tidak dicetak dan disebarkan kemana-mana.
Begini trik nya.
1. Setelah diberi password, pilih "Document > Security > Show security setting for this document", sampai muncul jendela dokumen properties.
2. Klik tab "Security". Di bagian Document Security, "Password Security" telah aktif. Tekan tombol "Change Settings." Kotak dialog Password Security akan terbuka. Pada opsi "Compatible", pilih versi mana yang dapat mendukung file pdf anda. hmm..saya memilih "Acrobat 5.0 and later", untuk memungkinkan dokumen dapat dibaca oleh Acrobat 5.0 sampai versi terkini.
3. Di bagian "Permission", pilihlah opsi "use a password to restrict printing and editing of document and its security setting". Dibagian bawah, akan keluar kotak kosong yang meminta anda untuk memasukkan password.
4. Secara default, opsi "none" telah disajikan pada pilihan menu yang ada didalam. Jika hal ini dibiarkan saja, Anda tidak dapat mencetak dokumen lho. Padahal, ada dua pilihan level kualitas hasil cetak bila anda mengizinkan si file pdf tetap dicetak, yaitu low resolution dan high resolution.
5. Setelah semua tahapan diikuti, pilih "ok". Anda akan diminta menggunakan password. Selanjutnya, program ini akan merekomendasikan anda untuk menyimpan dan menutup file pdf tersebut sehingga perubahan dapat berjalan.
Sesudah itu anda cukup menyimpan file pdf tersebut maka setiap anda membuka file yang sama, anda akan dimintai kata sandi. Setelah masuk, baru kemudian dapat mengecek hasilnya.
Yois..akhirnya selesai juga. Dengan ini, anda akan menjaga keamanan file pdf anda tanpa takut akan tersebar kemana-mana. semoga info komputer & teknologi informasi kali ini berguna untuk anda semua. hehe

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar